Representasi Jaringan

Diagram jaringan sering menggunakan simbol, untuk mewakili berbagai perangkat dan koneksi yang membentuk jaringan. Diagram menyediakan cara mudah untuk memahami bagaimana perangkat dalam jaringan besar terhubung. Jenis "gambar" jaringan ini dikenal sebagai diagram topologi. Kemampuan untuk mengenali representasi logis dari komponen jaringan fisik sangat penting untuk dapat memvisualisasikan organisasi dan pengoperasian jaringan.

Selain representasi ini, istilah khusus digunakan saat membahas bagaimana masing-masing perangkat dan media terhubung satu sama lain. Hal penting yang harus diingat adalah:

  • Network Interface Card - Adaptor NIC atau LAN, menyediakan koneksi fisik ke jaringan pada PC atau perangkat akhir lainnya. Media yang menghubungkan PC ke perangkat jaringan, langsung terhubung ke NIC (Gambar 2).
  • Port Fisik - Konektor atau outlet pada perangkat jaringan tempat media terhubung ke perangkat akhir atau perangkat jaringan lainnya.
  • Interface - Port khusus pada perangkat jaringan yang terhubung ke jaringan individual. Karena router digunakan untuk interkoneksi jaringan, port pada router disebut sebagai antarmuka jaringan.

Catatan: Seringkali, istilah port dan interface digunakan secara bergantian.

0 comments